SEKRETARIAT

Sekretariat

Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan kebijakan, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan bidang kesekretariatan.

 Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), sekretaris mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Penyusunan perumusan petunjuk teknis kegiatan Perencanaan program, keuangan, umum, kepegawaian dan perlengkapan;
  2. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan Perencanaan program, keuangan, umum, kepegawaian dan perlengkapan;
  3. Pemantauan dan pengendalian kegiatan Perencanaan program, keuangan, umum, kepegawaian dan perlengkapan.

 Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud  Sekretaris mempunyai rincian tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun program kegiatan sekretariat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan Perundang-undangan yang berlaku agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. Mengarahkan tugas bawahan sesuai dengan bidang tugasnya; memberikan arahan dan petunjuk secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan semua bidang dilingkungan Dinas baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. Menyiapkan konsep kebijakan Kepala Dinas di bidang Kesekretariatan;
  6. Menyiapkan rumusan program kegiatan berdasarkan hasil rangkuman rencana kegiatan bidang-bidang dalam rangka penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Dinas;
  7. Melaksanakan pelayanan pengelolaan kegiatan administrasi umum, surat menyurat, perencanaan dan program, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan rumah tangga sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna kelancaran tugas;
  8. Melaksanakan koordinasi dalam rangka penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati;
  9. Melaksanakan bimbingan teknis fungsi-fungsi pelayanan administrasi perkantoran sesuai pedoman peraturan Perundang-undangan yang berlaku agar kegiatan kesekretariatan dilaksanakan secara efektif dan efisien;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Perencanaan program, keuangan, umum, kepegawaian dan perlengkapan;
  11. Melaksanakan monitoring , evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melali system penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  12. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan perintah atasan.

 

Sub Bagian Program dan Perencanaan  

  1. Melaksanakan penyusunan Renstra dan Lakip;
  2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana program dan laporan;
  3. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana dan program;
  4. Menyiapkan bahan, data, menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas Subbagian Perencanaan Program dan Dinas;
  5. Menyusun profil, kriteria PMKS dan PSKS, serta presentasi dinas Subbagian Perencanaan Program;
  6. Memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  7. Memeriksa hasil pekerjaan bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  8. Menilai kinerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  9. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Keuangan  secara rutin maupun berkala untuk pengembangan wawasan pengetahuan dan kemampuan;
  10. Memberikan saran pertimbangan kepada sekretaris Dinas tentang langkah-langkah atau tindakan yang perlu diambil baik secara tertulis maupun lisan sebagai alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan;
  11. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan sesuai bidang tugas pokok Program dan Perencanaan  secara rutin maupun berkala sebagai bahan dasar pemecahan masalah;
  12. Mengonsep naskah dinas sesuai bidang tugas pokok Subbagian Perencanaan Program dan Keuangan berdasarkan disposisi atasan agar tersedia konsep naskah dinas yang dibutuhkan;
  13. Mengelola administasi dan menyusun program kerja Subbagian Perencanaan dan Program 
  14. Menyiapkan bahan pembinaan, memberikan petunjuk teknis pengelola keuangan Perencanaan;
  15. Melakukan pembinaan dan memberikan petunjuk teknis pengelola Prencanaan Program ;
  16. .

 

Sub Bagian Ketatausahaan